RESUME KOMUNIKASI BISNIS
“HAMBATAN KOMUNIKASI BISNIS
DAN FAKTOR EKSTERNAL KOMUNIKASI BISNIS”
DOSEN PENGAMPU:
RAJA SHARAH FATRICIA, SE, M. Sc
DISUSUN
OLEH :
FILLA
DUNANTI ( C1B016100)
KELAS G MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS JAMBI
2018
Hambatan Komunikasi Bisnis
Hambatan komunikasi bisnis bisa
menjadi penyebab tidak tercapainya suatu tujuan dari komunikasi yang di
harapkan. Tujuan yang tidak tercapai juga akan mempengaruhi keberhasilan bisnis
atau perusahaan. Berikut adalah beberapa hambatan komunikasi bisnis yang
terjadi, antara lain :
1. Struktur
komunikasi yang buruk
Struktur
ini yang menentukan baik atau buruknya sebuah komunikasi bisnis. Struktur yang
baik adalah yang mengikuti pola yaitu : pembuka , isi , dan penutup. Jika pola
ini sdh dilaksanakan hambatan komunikasi pasti menjadi bekurang.
2. Penyampaian
yang lemah
Di
dalam penyampaian komunikasi kita bukan hanya sekedar untuk mengeluarkan
kata-kata, akan tetapi di dalam penyampaiannya dibutuhkan penekanan. Maksudnya
penekanan yaitu kita mampu meyakinkan audience dengan apa yang kita bicarakan.
3. Salah
media
Kita
harus bisa memilih media yang tepat untuk penyampaian komunikasi bisnis itu
sendiri.
Jika
pesan kompleks, maka berilah ruang lebih untuk para audience agar dapat mencerna
pesan kita lebih leluasa.
4. Hambatan
teknis
Hambatan
ini berpengaruh pada kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Pada aspek
teknologi contohnya seperti terbatasnya fasilitas komunikasi atau kurang
memadainya fasilitas. Pengguna teknologi yang baru atau belum menguasai
teknologi berpengaruh pada alur komunikasi bisnis atau perusahaan.
5. Hambatan
semantik
Semantik
dapat diartikan sebagai studi atas pengertian yang disampaikan menggunakan
bahasa. Dalam hal ini sangat penting mengingat hal yang disampaikan jelas atau
kurang jelas meskipun media yang digunakan sudah baik. Komunikator dituntut
untuk menggunakan bahasa yang dimengerti oleh audience untuk mencegah kesalah
pahaman dalam penangkapan pesan atau informasi.
6. Hambatan
manusiawi
Merupakan
hambatan yang timbul dari individu-individu yang terlibat secara langsung dalam
komunikasi bisnis. Hambatan ini mencakup 2 hal. Yang pertama yaitu setiap
individu memiliki emosi, perspektif, umur, keadaan mendengarkan,pencarian
informasi, dan penyerapan informasi yang berbeda-beda. Dan yang kedua yaitu
hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau
lingkungan sosial dan budaya seperti suasana dan iklim dan kerja serta tata
nilai yang dianut.
Terdapat
solusi dalam mengatasi hambatan komunikasi bisnis ini antara lain :
·
Menciptakan budaya komunikasi yang tepat, baik secara
horizontal antar karyawan, maupun vertikal antara pimpinan dan karyawan.
·
Menciptakan iklim kekelurgaan dalam perusahaan untuk
mempererat hubungan antara karyawan maupun dengan pimpinan.
·
Penyediaan prasarana dan sarana serta media komunikasi
yang memumpuni.
·
Penyediaan pusat informasi dalam perusahaan yang dapat
diakses berbagai pihak.
·
Penyederhanaan struktur organisasi perusahaan.
·
Dalam individu : belajar dan berlatih, memperdalam
hubungan kemanusiaan, yaitu mempelajari tentang etika, memahami sistem sosial,
menggunakan media komunikasi yang tepat, menggunakan bahasa yang dipahami oleh
komunikator dan kominikan.
Faktor
Eksternal Dalam Komunikasi Bisnis
Komunikasi
eksternal dalam bisnis adalah komunikasi antara pihak eksternal dari perushaan,
seperti konsumen, supplier, pemerintah, dan lainnya. Fungsi ekternal bisnis
antara lain :
1. Membujuk
konsumen membeli produk
2. Menjelaskan
produk atau layanan
3. Mengklarifiksi
spesikasi yang dibutuhkan
4. Mempromosikan
image yang positif tentang perusahaan
5. Memberikan
kredit dan penagihan piutang
Ruang
lingkup eksternal meliputi komunikasi dengan pelanggan, penyalur, pemasok, dan
agen regulator. Kelompok ini memiliki kepentingan yang tidak sama, misalnya
pelanggan memiliki hak untuk memilih dan menentukan produk yang akan digunakan.
Sedangkan penyalur adalah kelompok yang memiliki jaringan distribusi, mereka
hanya menyalurkan produk yang dikehendaki pelanggan. Pemasok menginginkan
adanya transaksi dengan lembaga bisnis yang memuaskan. Sedangkan agen regulator
menginginkan adanya kepatuhan terhadap peraturan.
Keempat kelompok yang berada di luar organisasi
atau lembaga bisnis memiliki kepentingan untuk kelangsungan bisnis. Kelompok
tersebut menghidupi juga dihidupi oleh organisasi atau lembaga bisnis. Kelompok
tersebut menjadi pilar berlangsungnya bisnis dan peningkatannya serta
kemajuannya sehingga hubungan baik dengan kelompok ini harus dipertahankan dan
ditingkatkan.
Bentuk komunikasi eksternal juga dapat berupa :
·
Eksposisi, pameran, promosi dan sebagainya
·
Konprensi pers
·
Siaran televisi, radio dan sebagainya
·
Bakti sosial, pengabdian pada masyarakat, dan
sebagainya
Komunikasi
eksternal dapat juga dimaksudkan untuk mendapatkan pengertian, kepercayaan,
bantuan, dan kerjasama dengan masyarakat.
Sumber
Resume
Tidak ada komentar:
Posting Komentar